Teks foto: Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkalis dan Tiga Perpustakaan Desa Terima Penghargaan Nasional

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkalis dan Tiga Perpustakaan Desa Terima Penghargaan Nasional

Dispersip Bengkalis – Kabupaten Bengkalis kembali meraih prestasi di level nasional. Kali ini, Perpustakaan Daerah (Perpusda) dan tiga Perpustakaan Desa (Perpusdes) berhasil meraih penghargaan sebagai penyelenggara terbaik tingkat nasional untuk program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2021.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto, S.Pd, M.Pd mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestaasi yang diraih oleh Kabupaten Bengkalis.

“Alhamdulillah, Kamis kemarin 2 Desember 2021, kita mendapatkan penghargaan dari nasional. Penyerahan penghargaan dilaksanakan secara daring melalui Peer Learning Meeting,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto, Jumat 3 Desember 2021.

Menurut Dr. H. Suwarto, ketiga Perpusdes yang mendapat penghargaan dalam kategori TPBIS ini adalah, Perpusdes Jangkang dan Perpusdes Resam Lapis Kecamatan Bantan, serta Pepusdes Kuala Alam Kecamatan Bengkalis.

Jumlah Perpusdes yang mendapat perhargaan terbaik sebanyak 78 desa. Untuk kategori Perpusda terbaik sebanyak 40 daerah, khusus dari Provinsi Riau sebanyak dua daerah meraih prestasi, yakni Perpusda Bengkalis dan Siak.

Sementara itu kategori perpustakaan desa atau kampung, untuk Provinsi Riau memboyong sembilan penghargaan, yakni Perpusdes Bukit Sembilan Kabupaten Kampar, Perpusdes Laboy Jaya Kabupaten Kampar, Perpusdes Kuala Alam Kabupaten Bengkalis, Perpusdes Jangkang Kabupaten Bengkalis, Perpusdes Resam Lapis Kabupaten Bengkalis.

Kemudian, Perpusdes Rambah Muda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Perspusdes Masda Makmur Rohul, Perpustakaan Kampung Mandi Angin Kabupaten Siak, serta Perpustakaan Kampung Muara Kelantan Kabupaten Siak.

Dr. H. Suwarto berharap penghargaan yang diterima Perpusda Kabupaten Bengkalis dan tiga Perpusdes selain menjadi sebuah kebanggaan, tentu menjadi tantangan bagi stakeholder pengelola untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan menjadi lebih baik.

Icon Spinner